Pelatihan Operator Alat – Alat Berat (Angkatan I), Balai Material dan Peralatan Konstruksi

Kamis, 8 Maret 2018 bertempat di Balai Material dan Pelatihan Konstruksi, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, tim SITECH Indonesia memberikan materi pembelajaran mengenai teknologi yang ada pada alat berat kepada peserta pelatihan. Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian agenda dari pelatihan – pelatihan yang di selenggarakan oleh Balai Material dan Pelatihan Konstruksi, Jakarta. Pelatihan yang dilaksanakan dari tanggal 26 Februari s/d 10 Maret 2018 ini dihadiri oleh 12 orang peserta, yang merupakan operator perwakilan dari Bina Marga wilayah Jawa – Bali.

Pelatihan terdiri dari dua sesi; sesi materi dan sesi praktek lapangan. Pada sesi materi, tim SITECH memberikan pengetahuan mengenai teknologi Trimble pada alat berat, dimana teknologi tersebut dapat membantu kinerja operator pada saat menjalankan unit alat berat. Sesi praktek lapangan, alat Trimble yang akan diperkenalkan adalah GCS Flex yang terpasang pada unit Excavator. Pada sesi ini tim SITECH memberikan penjelasan mengenai cara kerja GCS FLEX dan para peserta diberikan kesempatan untuk mencoba mengoperasikannya. Peserta pelatihan memperlihatkan minat yang tinggi akan penggunaan teknologi. Dan setelah mereka mencoba langsung teknologi Trimble, mereka merasakan kemudahan dalam mengoperasikan unit alat berat tersebut.

Trimble Earthworks “Introducing Undertime”

The new Trimble® Earthworks for Excavators Grade Control Platform is designed to help you do more in less time.

Reengineered from the ground up, our innovative, next generation grade control platform features intuitive, easy-to-learn software that runs on an Android operating system.

And state-of-the-art software and hardware give operators of all skill levels the ability to work faster and more productively than ever before.

 

Trimble GPS BASE SPS988 dan GPS Rover SPS985

Kami memilih SITECH Indonesia sebagai supplier alat survey berdasarkan beberapa pertimbangan, diantaranya karena produk SITECH Indonesia yang memiliki harga terjangkau, selain itu teknologinya tidak tertinggal dan selalu update dengan produk lainnya. Kami membeli beberapa produk SITECH Indonesia diantaranya GPS Base Station Trimble SPS855 dan GPS Rover Trimble SPS985.

Sebelumnya untuk alat survey kami menggunakan alat Total Station bukan dari produk SITECH Indonesia. Kendala yang kami temukan di lapangan saat masih menggunakan alat tersebut adalah:

  1. Dibutuhkan lebih dari 1 orang crew/helper survey untuk melakukan pekerjaan pengukuran
  2. Jika ada lokasi pengukuran yang tidak terlihat oleh Total Station, maka harus melakukan transfer point dan harus memindahkan alat sehingga dapat dilakukan pengukuran pada area tersebut. Yang mempunyai kelemahan berupa error yang semakin besar jika jarak semakin jauh.
  3. Pengukuran Tracking Distance dari Loading Point hingga Wastedump tidak dapat dilakukan menggunakan Total Station.

Setelah menggunakan alat survey SITECH Indonesia yang kami rasakan adalah:

  1. Pekerjaan pengukuran cukup dilakukan 1 orang saja menggunakan GPS
  2. Crew/Helper Survey dapat dialokasikan pada pekerjaan yang lainnya
  3. Target pekerjaan pengukuran menjadi lebih cepat diselesaikan
  4. Tracking Haulling Overburden dari Loading Point hingga Wastedump dapat dilakukan dengan menggunakan GPS, dan
  5. Beberapa pekerjaan yang tidak dapat dilakukan oleh Total Station sekarang dapat dilakukan oleh GPS

Selain keunggulan produk, SITECH Indonesia juga menyediakan tim support yang selalu siap membantu jika ada masalah ataupun keluhan dari produknya yang sudah kami pakai bisa melalui email atau telepon. Ke depan, PT ABN akan tetap menggunakan GPS Trimble – SITECH Indonesia dan tidak menutup kemungkinan akan menggunakan produk SITECH lainnya.”

 

Customer Profile: Kasyono – Survey Engineer, PT Adimitra Baratama Nusantara.

 

Instalasi SPS930 Robotic Total Station di Papua Nugini

Sitech Indonesia melakukan pemasangan (instalasi) terhadap sistem 2D Automatic with Sonar Tracer yang dipasang pada unit motor grader CAT 12H.Pada sistem tersebut terpasang sensor suara sebagai sensor utama yang dapat membantu kerja unit alat berat  dalam mencapai akurasi yang baik sesuai dengan yang diinginkan. Secara umum sistem ini bekerja berdasarkan acuan dalam bentuk design yang akan ditampilkan pada display control box dikabin, sehingga dapat membantu memberikan panduan bagi operator dalam melakukan pekerjaannya.

 

Pelatihan Software Quantm PT Waskita Karya (persero) Tbk.

SITECH Indonesia dan Trimble, memberikan pelatihan Software Quantm kepada PT Waskita Karya (Persero) Tbk. yang berlokasi di Surabaya. Peserta yang menghadiri pelatihan merupakan perwakilan dari beberapa proyek yang sedang dikerjakan oleh PT Waskita Karya, yaitu: Proyek jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Mayar (KLBM); Proyek jalan Tol Pasuruan – Probolinggo; dan Proyek jalan Tol Salatiga – Kertasura.